Umuslim Gelar Festival Kebudayaan

Staf Ahli Gubernur Dr Iskandar didamping Rektor Umuslim H Amiruddin Idris ketika membuka Festival Kebudayaan Umuslim.

CAKRADUNIA.com, Bireuen - Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah yang diwakili staf Ahli Gubernur bidang Keistimewaan,SDM dan Hubungan Kerjasama  Dr.Iskandar Ap,S.Sos,M.Si membuka Festival Kebudayaan Umuslim (FKU) yang ke-3, di halaman  aula MA Jangka Universitas Almuslim,Selasa (6/11/2018).

Festival Kebudayaan Umuslim (FKU) yang dirangkaian dengan pameran kreatifitas mahasiswa turut dimeriahkan  penampilan tarian nusantara yang dimainkan seratusan penari dari  mahasiswa  Universitas Pakuan Bogor, mahasiswa Universitas Almuslim dan mahasiswa dari NGU Jepang.

Tarian Nusantara ini merupakan sebuah tarian  kolaborasi  antara tari saman, didong dan ratoh jarou dengan diiringi musik tradisional

Rektor Umuslim Dr.H.Amiruddin Idris,SE.,MSi  sangat bangga dan memberikan apresiasi kepada mahasiswa dan jajaran ormawa atas kreatifas melaksanakan Pekan Kebudayaan Umuslim ke-3 ini, apalagi peserta juga berasal dari beberapa kampus dari Aceh Tengah,  Aceh Utara, Lhoksemawe.

“Ajang ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa sebagai ajang membangun manajemen bersamaan dan persaudaraan sesama mahasiswa.Umuslim terus berbenah untuk memperbaiki berbagai kekurangan,” kata Amiruddin Idris.

Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah menyampaikan sejak zaman dulu seni merupakan bagian yang  tidak terpisahkan dari kehidupan masyarakat Aceh. Seni tidak hanya berkembang dimasa damai, bahkan dimasa perangpun, seni budaya aceh tetap eksis.

Sejarah pengembangan islam di Acehpun sarat dengan seni . bahkan indatu rakyat jika hendak berperang  punya tradisi berdoa dengan seni tersendiri, maka tidak heran jika banyak nyanyian tradisionil Aceh yang mengambarkan semangat perang jihad.

“Saya sangat bersyukur semua budaya Aceh masih lestari sampai sekarang , sekarang bukan hanya orang Aceh saja yang mau mempopulerkan seni budaya Aceh, orang luar juga banyak yang tertarik mengembangkannya,”katanya.

Pemerintah Aceh sangat mengapresiasi terselenggaranya kegiatan  FKU ini, di harapkan kegiatan ini membuat masyarakat Aceh semakin cinta keberagaman , bangga kepada budaya sendiri dan solid dalam merawat perdamaian

Ketua Panitia  Muhammad Daud mengatakan kegiatan FKU ke-3 memperlombakan 15 item antara lain menulis opini, membaca puisi, fotografi, do da idi (peuratep aneuk), fashion show TK, duta mahasiswa, vokal solo, stand kreativitas, panggung bersama, permainan tradisional seperti congklak, cakceng, bola sarung dan tarik tambang, peserta yg akan ikut serta dalam kegiatan ini adalah mahasiswa dan pelajar.

Selain itu juga digelar Donor darah dan  stand pameran kreatifitas mahasiswayang melibatkan peserta dari   siswa dan mahasiswa dari universitas pakuan Bogor, Universitas Gajah Putih Takengon, Akbid Munawarah Bireuen serta beberapa perguruan tinggi lain di Bireuen, Lhokseumawe ada juga juga stand SMA dan SMK Pertanian Bireuen.

Juga digelar konser Rialdoni  pada 10 November 2018 mulai pukul 14.00 WIB  di Aula Ampon Chiek Universitas Almuslim, jelas M.Daud..

Sementara Presiden Mahasiswa Umuslim, Andi Maulana FKU mengatakan acara dengan tema "Memperkuat Ragam Budaya Tanoh Rencong di Universitas Almuslim”, bertujuan untuk menumbuhkan dan meningkatkan kreativitas  mahasiswa dalam pengembangan kehidupan yang berbudaya.

Selain itu  untuk mempererat  hubungan silaturahmi dan kerja sama  antar mahasiswa di Universitas Almuslim baik dalam bidang akademis dan kreativitas mahasiswa.

“Mahasiswa  Umuslim berasal dari berbagai suku dan budaya yang ada di Indonesia.,” sebutnya.

Dalam pembukaan tersebut turut hadir pengurus Yayasan Umuslim, anggota DPR RI Komisi X Anwar Idris, penyair Fikar W.Eda, Apa kaoy, civitas akademika Umuslim, mahasiswa, komunitas duta wisata Bireuen dan pelajar.

Zulkifli

 


  • Share on:

LEAVE A COMMENT

image title here

Ads