• Home
  • Dunia
  • Trump & Kim Jong-un Sepakat Gelar KTT Kedua

Trump & Kim Jong-un Sepakat Gelar KTT Kedua

Trump dan Kim Jong-un

CAKRADUNIA.COM - Pemimpin Korea Utara  Kim Jong-un telah setuju untuk mengadakan pertemuan kedua dengan Presiden Amerika Serikat Donald Trump secepat mungkin.

Dilansir dari AFP, Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo mengatakan kedua negara telah setuju mengadakan KTT kedua secepatnya.

"Dia setuju dengan Ketua Kim untuk mengadakan KTT AS-Korea Utara kedua secepat mungkin," kata kantor kepresidenan Korea Selatan dalam sebuah pernyataan, Minggu, (7/10)

Kedua pihak sepakat untuk melanjutkan pembicaraan dengan memutuskan waktu dan lokasi khusus untuk KTT kedua. Pompeo mengatakan hal tersebut kepada Presiden Korea Selatan, Moon Jae-in, setelah pertemuannya dengan Kim di Pyongyang, Minggu pagi.

Dalam penerbangan menuju Tokyo, Pompeo mengatakan tujuan kunjungannya adalah membangun rasa percaya yang cukup antara Washington dan Pyongyang untuk mencapai perdamaian.

Pada Juni, Trump bertemu dengan Kim Jong Un di Singapura dalam pertemuan pertama terjadi antara kedua negara. 

Belum ada presiden AS yang pernah berkunjung ke Korea Utara yang menurut kelompok-kelompok hak asasi manusia.

Sejak pertemuan puncak di Singapura yang menurut pengkritiknya hanya menghasilkan komitmen tak jelas dari Kim Jong Un terkait denuklirisasi semenanjung Korea, jalan menuju hubungan yang lebih hangat mengalami rintangan. 

Trump sempat membatalkan kunjungan Pompeo ke Pyongyang sebelumnya setelah dia mengatakan tidak ada kemajuan signifikan dalam menerapkan kesepakatan deklarasi Singapura. 

Tetapi presiden AS yang tidak biasa ini kemudian menyatakan "jatuh cinta" dengan Kim Jong Un. (cn)


  • Share on:

LEAVE A COMMENT

image title here

Ads