• Home
  • Gaya Hidup
  • Sabtu Ini di Taman Budaya, Sanggar Merah Abdya Tampilkan "Oh Langgolek"

Sabtu Ini di Taman Budaya, Sanggar Merah Abdya Tampilkan "Oh Langgolek"

Foto: IST

CAKRADUNIA.COM, Banda Aceh - Dalam rangka mengisi program tahunannya, UPTD Taman Seni dan Budaya Provinsi Aceh bekerjasama dengan Seuramoe Teater Aceh (STA), pada malam Sabtu, 5 Oktober 2018  pukul 20.30 Wib, di panggung utama Gedung Taman Budaya Banda Aceh, akan mengadakan pementasan seni teater dengan lakon berjudul 'Oh Langgolek'.

Lakon ini akan ditampilkan secara oleh Sanggar MERAH asal Aceh Barat Daya (Abdya). "Oh Langgolek" adalah sebuah kisah yang diadaptasi dengan apik oleh sutradara Yogie dan dibantu sepenuhnya oleh rekan–rekan lainnya dari sanggar MERAH Aceh Barat Daya.

Kisah Oh langgolek ini diangkat dari  legenda yang berasal dari Kecamatan Susoh. Kisah ini sangat populer di kalangan masyarakat Abdya lewat sebuah nyanyian yang sering dinyanyikan sebagai dendangan atau buaian penghantar tidur buat anak-anak.

Dendangan atau buaian penghantar tidur ini sudah menjadi tradisi masyarakat pesisir pantai barat daya yang notabenenya adalah suku aneuk jamee di kecamatan susoh.

Cerita 'Oh Langgolek' mengisahkan tentang seorang ibu yang memiliki tiga orang anak. Anak pertama seorang perempuan bernama Baidah, anak kedua juga seorang perempuan bernama Zainab dan seorang putra, anak bungsu yang diberi nama Khaidir.

"Bisa dibayangkan bagaimana kecintaan seorang ibu terhadap anak laki-laki semata wayangnya tersebut? Semua tetangga dan kerabat tahu persis bagaimana si ibu begitu mencintai anak bungsunya," kisah Firman Septiadi, salah satu kru teater kepada Cakradunia melalui press release, Jumat (4/10/2018) di Banda Aceh.

Dikisahkan, ketika si anak lelaki beranjak dewasa, dia berpamitan untuk merantau ke Padang - Sumatera Barat. Tapi, malang tak dapat ditolak, hingga bertahun-tahun si anak tiada kabar berita.

Tidak juga diketahui apakah masih hidup atau telah tiada. Apakah sang ibu akan bertatap muka kembali dengan si buah hatinya tersebut?

"Yogie dan rekan-rekan dari sanggar MERAH pastinya sudah menyiapkan sebuah kejutan menarik untuk ending dari kisah ini, dengan kerja sama yang solid dan akting para pelakon yang telah di latih dengan rapi, teater "Oh Langggolek" ini sangat patut untuk di simak," ujar Firman.

Nantikan kisah menariknya pada malam Sabtu, 5 Oktober 2018 pukul 20.30 Wib, di panggung utama Gedung Taman Budaya Banda Aceh.[REL]
 


  • Share on:

LEAVE A COMMENT

image title here

Ads