• Home
  • Politik
  • Muharuddin Pimpin Paripurna Pergantian Ketua DPR Aceh

Muharuddin Pimpin Paripurna Pergantian Ketua DPR Aceh

Muharuddin memberikan ucapan selamat kepada Sulaiman (dua kanan) yang baru ditetapkan sebagai ketua baru hasil paripurna DPRA. Foto/Cakradunia.com/FCS

CAKRADUNIA.COM, Banda Aceh – Ketua DPRA Tgk Muharuddin memimpin langsung rapat paripurna khusus DPR Aceh dengan agenda pergantian dirinya sebagai ketua DPR Aceh kepada Sulaiman.

Sikap legowo dan ketegaran Muharuddin memimpin rapat paripurna khusus tersebut mendapat apresiasi dan komentar positif oleh semua fraksi dan 54 anggota DPRA yang hadir serta undangan dari unsur Forkompinda Aceh lainnya 

Mekanisme rapat hari ini menurut Muharuddin sudah sesuai aturan tata tertib DPRA, dimana usai dibahas di Badan Musyawarah (Banmus) yang kemudian dilanjutkan dengan paripurna khusus yang dihadiri 2/3 anggota DPRA hari ini.

Selain itu kehadirannya pada hari ini sebagai bukti dirinya menghormati keputusan pimpinan DPA Partai Aceh Muzakir Manaf (Mualem).

Usai ditetapkan pemberhentian dengan hormat dari kursi ketua DPRA, Muharuddin masih menerima hak dan tunjangan jabatan sebagai pimpinan DPRA. Namun secara administratif Muharuddin tidak lagi menandatangani surat menyurat serta pengambilan kebijakan penting lainnya.

"Mulai saat ini, saya tidak berwenang untuk menandatangani segala hal yang menyangkut administrasi di DPRA, ini sesuai dengan pasal 37 ayat 4 pada PP 12 tahun 2018," ujar Muharuddin,  usai paripurna khusus, Selasa (6/11/2018) di ruang utama DPRA.

Sesuai mekanisme yang diatur dalam peraturan tersebut, kepemimpinan sementara atau ketua DPRA dipilih oleh tiga wakil ketua.

Muharuddin juga menyebutkan bahwa hasil keputusan ini akan disampaikan kepada pemerintah dalam hal ini  gubernur Aceh akan membuat surat pengantar kepada menteri dalam negeri untuk pengesahan ketua DPRA pengganti dirinya.

Fauzi Cut Syam


  • Share on:

LEAVE A COMMENT

image title here

Ads