• Home
  • Berita
  • Banjir Bandang Terjang Tiga Kecamatan di Aceh Utara

Banjir Bandang Terjang Tiga Kecamatan di Aceh Utara

Ilustrasi: Http://pedomanbengkulu.com

CAKRADUNIA.COM, Lhoksukon -  Bencana Alam berupa banjir bandang melanda kabupaten Aceh Utara, banjir menerjang tiga kecamatan yaitu Matang Kuli, Tanah luas, dan Pirak Timu. Banjir mengenangi sejumlah areal pertanian dan perkebunan serta pemukiman penduduk.

Kepala Pelaksana (KALAK) Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA), Teuku Ahmad Dadek mengatakan bahwa banjir yang terjadi pada pukul 04.00 wib, Senin 1 Oktober 2018 tersebut diakibatkan oleh hujan terus-menerus di Kabupaten Bener Meriah.

Imbas dari dari hal tersebut mengakibatkan meluapnya air sungai krueng Keuruetoe dengan ketinggian air rata - rata 30 cm sampai dengan 100 cm di kawasan rumah penduduk dan fasilitas umum lainnya.

"Informasi ini saya peroleh dari Kalaksa BPBD Aceh Utara pak
Munawar, saat ini kami akan terus memantau dan melakukan berbagai upaya bantuan untuk korban," ujar Dadek, Senin (1/10/2018) melalui pesan whatsapp.

Sampai berita ini diturunkan belum ada laporan korban jiwa, saat ini menurut Dadek berbagai upaya terus dilakukan oleh BPBD Aceh Utara. Pihak BPBD saat ini melakukan pendataan dampak kebutuhan dasar.

Selain itu BPBD Aceh Utara juga melakukan evakuasi warga yang terjebak banjir dibantu oleh SAR Aceh Utara, relawan IPSM, dan RAPI Aceh Utara, serta tenaga medis dari relawan PSC. Namun evakuasi masih terkendala cuaca dan hujan dengan intensitas Sedang-Lebat ditambah keterbatasan peralatan ruber boat.

"Kita juga melakukan koordinasi dengan pihak terkait, baik TNI/POLRI pemda setempat, saat ini pengungsian terpusat di Gampoeng Meunasah Lawang kecamatan Matangkuli, jumlahnya 170 jiwa," ujar Dadek.


Berikut wilayah yang dilanda banjir:

Kecamatan Matangkuli

1. Alue Thoe
2. Ceubrek
3. Pante Pirak
4. Meunye Pirak
5. Siren
6. Lawang
7. Teungoeh Seleumak
8. Alue Euntoek
9. Turmpiek Barat
10. Hagu
11. Meuria
12. Mee
13. Tanjoeng Tgk. Ali
14. Punti
15. Trieng Teupin Kubeu
16. Parang Suekurueng
17. Leuboek
18. Blang
19. Teupin Keubeu
20. Tanjoeng Haji Muda
21. Tanjoeng Tgk. Kari

Kecamatan Tanah Luas:

1. Teupin Mee
2. Tanjoeng Mesjid
3. Blang
4. Rayeuk Kuta
5. Serba Jaman Baroeh..

Kecamatan Pirak Timu (belum ada data).


  • Share on:

LEAVE A COMMENT

image title here

Ads